Review Sugoi Ramen Jogja, Rasanya Sugoiiii!

Review Sugoi Ramen Jogja
Sumber: Google Images

Ramen, siapa yang tidak tahu dengan mie enak ini?. Terlebih lagi bagi kamu yang suka Jejepangan, anime, dan sudah mendapatkan gelar sebagai wibu atau otaku akut.

Ramen menjadi makanan yang mesti wajib melewati kerongkongan kamu.

Tapi, tahukah kamu?. Meskipun ramen terkenal sebagai makanan khas dari Jepang, tapi dalam sejarahnya ramen justru lebih akrab dengan peradaban Tionghoa. Ya, ditelusuri dari sejarahnya, ramen pertama kali muncul di Jepang dari mereka para imigran Tionghoa.

Saat itu ramen disebut dengan nama "shina soba" atau "mie Tionghoa", dan hanya tersedia di restoran Tionghoa.

Sebagaimana bisnis, pasti ada aja yang berusaha untuk menirunya. Masyarakat Jepang saat itu mulai menjual ramen melalui gerobak keliling ataupun dengan warung di tepi jalan.

Tapi, seiring berjalannya waktu, ramen di Jepang mulai mendapatkan lebih banyak perhatian.

Di tahun 1910, atau di awal abad 20, didirikanlah kedai ramen pertama di Jepang. Kedai ramen ini didirikan oleh Riichi Ozeki dan dikenal dengan nama "Rai-Rai-Ken" di Asakusa, Tokyo.

Kedai ramen inilah yang nantinya akan menjadi fondasi kuat untuk perkembangan mie ramen di seluruh Jepang.

Ya, itulah sedikit cerita dari sejarah mie ramen. Mengetahuinya memang tidak akan membuat perut kamu kenyang, tapi menjadikan otak kamu jadi lebih berisi, ehe.

Makan mie ramen bagi Min Nikunews sendiri bukanlah hal yang baru. Apalagi Min Nikunews semasa kecil sering melihat Naruto di Global TV menyantap mie ramen. Rasanya itu pengen banget nyoba.

12 tahun di Riau belum pernah sama sekali nyicipin ini mie. Palingan cuma Mie Ayam. Ya, wajar sih Min Nikunews berasal dari kampung tepatnya di Kabupaten Indragiri Hulu. Mau jalan-jalan ke luar menuju pusat kota Pekanbaru, juga jarang-jarang.

Apalagi Min Nikunews ini dibesarkan oleh single parent (emak). Meskipun sangat bersyukur, tapi Min Nikunews banyak makan hati juga sih, karena disuruh di rumah terus.

Tapi, tak apa, di tahun 2016, penantian panjang akhirnya berbuah manis juga. Min Nikunews akhirnya merasakan juga apa yang dirasakan oleh Naruto saat makan Mie Ramen.

Malam itu bersama dengan teman dekat Min Nikunews semasa kuliah di UAD, kami berdua rasakan enaknya makan Mie Ramen.

Sejak saat itu, Min Nikunews terus hunting di mana nih Warung Mie Ramen yang enak. Hunting ini terus berlanjut bahkan saat Min Nikunews sudah resmi mengganti kepalanya, jadi kepala rumah tangga.

Nah kebetulan di dekat tempat tinggal Min Nikunews, ada Sugoi Ramen, lokasi di dekat Terminal Condong Catur, Jl. Anggajaya.

Karena penasaran nih warung terus rame, Min Nikunews dan doi akhirnya nyamperin nih warung. Kalau kata doi Min Nikunews gini "rata-rata ya, kalau warung makanan rame, pasti enak".

Ok, kita markibuk (mari kita buktikan) lah kan, dan hasilnya....

Sugoi Ramen

Review Lengkap Warung Ramen Sugoi
Sumber: Google Images

Sesuai dengan namanya, sugoi ramen adalah warung ramen, dan di sini kamu bisa dapatkan banyak varian ramen. Apa saja tuh?, nanti kamu bisa melihatnya sendiri di bagian Harga dan Rasanya.

Namanya njelimet, dan malesin buat diketik satu-satu.

Sugoi sendiri dalam bahasa Jepang berarti keren, luar biasa. Umumnya sih digunakan untuk mengekspresikan sesuatu ketika terkejut akan hal-hal yang keren atau luar biasa.

Dari sini kita bisa tahu nih, filosofi pemberian nama warung ini dengan Sugoi Ramen. Pemiliknya pasti ingin mendapatkan kata ini dari pengunjung karena luar biasa enaknya ramen yang dihidangkan.

Kenyamanan

Kreasi Dinding di Sugoi Ramen
Sumber: Nikunews Photo

Seperti review warung makan sebelumnya, yakni Kolam Ikan Sendowo, Min Nikunews akan nilai Sugoi Ramen ini dari 3 aspek penting. Yakni, kenyamanan, penyediaan sanitasi, harga dan rasa.


Sugoi Ramen menyediakan tempat yang lumayan nyaman ya. Pencahayaan, meja dan kursi untuk pengunjung yang datang itu terang, tidak terlalu pendek maupun kecil.

Kursi yang digunakan untuk pengunjung bisa menyantap mie ramen ini punya sandaran. Jadi kita bisa duduk dengan tenang. Ada dua ruangan di Sugoi Ramen ini. Satu yang dekat kasir utama, dan yang kedua di samping dekat bagian kasir kedua.

Nah, yang unik dari Sugoi Ramen ini adalah mereka dengan gabutnya menempelkan poster-poster anime keren di dinding. Jadi pecinta anime yang berkunjung di sini bisa tahu referensi untuk tontonan animenya.

Dimulai dari Himouto! Umaru-Chan, K-ON, Cells At Work, Ponyo, One Piece, Attack on Titan, One Punch Man, Naruto, Dragon Ball dan lain-lain.

Bukan sembarang tempel poster anime gitu aja. Pemilik Sugoi Ramen ini juga sematkan keterangan lengkap di tiap posternya tentang genre anime, studio yang bertanggung jawab untuk proses animasinya, sampai keterangan siapa yang memproduksinya.

Poster Anime yang Terpajang
Sumber: Nikunews Photo

Benar-benar niat parah sih ini, meskipun tidak semua ya, terlebih lagi poster yang sudah lama.

Adanya dinding yang diberi banyak poster anime ini memang berikan kesan unik tersendiri. Jika kamu datang berdua dengan doi yang sama-sama pecinta anime, pastinya bakal nyebut satu-satu karakter dari anime yang terpajang di poster.

Bahkan jujur saja nih, Min Nikunews selama makan di Sugoi Ramen, salfok mulu. Pengennya jelasin tiap poster anime yang terpajang di dinding sama doi.

Tapi, bagi Min Nikunews sendiri dinding yang didesain seperti ini punya kekurangan. Min Nikunews jadi cepat pusing, apalagi pantulan cahaya yang didapatkan jadi lebih berwarna.

Gak cocok banget untuk kamu yang cepat pusing melihat lampu kelap kelip seperti Min Nikunews. Bagi pecinta jedag jedug TikTok sih, mungkin gak masalah ya.  

Penyediaan Sanitasi

Selanjutnya untuk penyediaan sanitasi.

Sorry banget nih, Min Nikunews gak fotoin. Tapi dari doinya Min Nikunews yang numpang ke belakang, dia bilang bahwa toiletnya bersih.

Ya, malulah lah ya, bawa bawa konsep warung makan Jepang, tapi toiletnya kotor. Kita tahulah bahwa Jepang itu negara yang bersih banget. Buat yang pernah pergi ke Jepang pasti tahu bahwa toilet jepang itu bersih dan juga merepotkan.

Merepotkan karena banyak betul tombolnya.

Harga dan Rasa

Menu Sugoi Ramen
Sumber: Nikunews Photo

Menu Ramen di Sugoi Ramen
Sumber: Nikunews Photo

Terakhir, yang mungkin sudah kamu tunggu-tunggu dari tadi, yakni review tentang harga dan rasanya.

Desain menu dari Sugoi Ramen ini rame banget dan benar-benar mengundang selera makan. Bahkan kalau dilihat baik-baik desain menu Sugoi Ramen ini didesain dengan bentuk seperti panel manga.

Di sini kamu bisa pesan Ramen, Rice Bowl, tambahan topping, dan juga pastinya minuman. Harga termurah untuk menunya adalah Original Ramen, yakni 8K-10K.

Fix sih, ini jadi harga mie ramen termurah yang Min Nikunews temui di Jogja sampai saat ini. O iya saat baca menu ini sendiri, pastikan kamu baca dengan detail ya.

Jangan sampai niat awalnya pengen makan mie ramen dengan kuah, malah jadinya pesan mie ramen goreng.

Min Nikunews sendiri pesan Kanigawa Ramen dan doi Min Nikunews pesannya Chicken Katsu Ramen, dan ada tambahan topping.

Review Mie Ramen Enak di Jogja, Sugoi Ramen
Sumber: Nikunews Photo

Rasanya, enaaaaaaaak banget. Tapi sayang untuk Chicken Katsu Ramen milik doi Min Nikunews saat itu sedikit asin, tapi tetap enak.

Kuah yang disajikan benar-benar kental dan wangi, Mie yang dihidangkan pun benar-benar enak dan lembut, gampang dikunyah. Isian lain yang berikan seperti telur, udang, sawi dan daging ayam benar-benar menyatu sempurna dengan bumbu yang ada.

Pokoke benar-benar enaaaaaaaaaaaaak pol.


Inilah review Sugoi Ramen Jogja dari Min Nikunews. Tertarik untuk datang mencobanya juga?.

Salam Nikunews, Salam Info Menarik & Menyenangkan.

Posting Komentar

22 Komentar

  1. Aku suka Jepang, walaupun belum bisa dikatakan sebagai wibu, karena film Jepang yang paling suka aku tonton tuh cuma Detektif Conan.
    Di Medan juga banyak orang menjual ramen, tapi ada satu toko yang aku lupa namanya. Dia menjual ramen dengan desain karakter anime-anime Jepang yang hampir sama dengan sugoi ramen Jogja ini. Terus mereka juga punya perpustakaan pribadi di tokonya yang isinya kebanyakan tentang anime atau komik-komik Jepang.
    Sehingga vibes Jepangnya itu terasa banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wiiih lebih mantap kayanya nih feel tempatnya. ada reviewnya gak ya kak?

      Hapus
  2. Tempatnya asyik banget, auto seneng anak-anak kalau diajak ke sini, bisa makan ramen plus liat deretan poster yang estetik, kebetulan anakku hobi nonton anime. Mudah-mudahan pas pulang kampung ke Jawa Timur bisa mempir di jogja lagi.

    BalasHapus
  3. wah belum pernah ke tempat makan ini selama tinggal dan jalan-jalan di Jogja, wajib niy cobain one day, kayaknya makanannya enak banget ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak banget kak, saya saranin untuk makan kanigawa ramen deh..

      Hapus
  4. Wah kalau ramen ori harga 10.000,- murah banget itu. Kapan kapan pingin nyoba juga kalau ada di Bekasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti saya ngomong sama owner Sugoi ramen, biar buka cabang di bekasi, ehehe

      Hapus
  5. Saya penasaran sama poster anime yang lengkap informasinya itu. Memang terniat ya buat restoran yang bertema anime, jadi yang ngerasa otaku betah deh makan di situ. Makanan ramen memang lagi viral ya, karena banyak ragam menu yang disajikan dan rasanya juga otentik khas jepang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya niat banget, satu per satu lho dibikinnya itu...

      Hapus
  6. Namanya aja sugoi ramen, yakin banget ramennya enak sekeren nama kedainya, jadi pengen bgt buat ramen sendiri di rmh biar setiap hari makan ramen

    BalasHapus
  7. Unik ya konsep yang ditawarkan, enggak cuma bisa makan mie ramen aja tapi juga mengenalkan anime yang pernah ada, jadi penasaran dengan rasanya juga

    BalasHapus
  8. Bagus tema kedainya. Niat banget sampai nempelin poster anime di dinding wkwk. Harganya juga terjangkau. Cocok nih buat memanjakan lidah dengan yang gurih hangat berkuah

    BalasHapus
  9. keren kali abang ini kalau sudah mereview.. jadi ngiler

    BalasHapus
  10. Lagii musim.bermunculan ramen dan kesukaan kami sekeluarga lhoo ramen itu....endeuss makanan dr negara sakura...

    BalasHapus
  11. Siang gini baca review mie ramen, kan jadi pengin juga. Btw, ini udah sertifikasi halal kah? Lihat fotonya jadi pengin nyobain juga kalo ke jogja

    BalasHapus