Resep Gulai Ikan Patin Khas dari Riau
Sumber: Google Images

Apa yang pertama kali kamu bayangkan ketika mendengar kata Riau?. Satu dari sekian banyak jawaban itu mungkin adalah Sawit.

Ya, Riau memang terkenal sebagai daerah penghasil sawit terbesar di Indonesia. Bersamaan dengan Kalimantan, daerah ini sering dibilang alami pembangunan yang tertinggal.

Faktanya, ya, benar juga sih, tapi gak seluruhnya. Apalagi jika berbicara tentang fasilitas transportasi, terlebih pada media jalannya.

Hal itu dapat dilihat sendiri dari minimnya lampu penerangan di jalan, bahkan di Ibu Kota Riau sekalipun yakni Pekanbaru.

Belum lagi jika kita coba berbicara jalan-jalan yang ada di kabupaten-kabupatennya. Jalan penuh dengan lubang seolah sudah jadi makanan wajib masyarakat Riau.

Tidak banyak memang yang bisa diingat dari Riau ini selain Sawit dan cuacanya yang panas melengking.

Soal wisatanya, memang ada, tapi jangan pernah membandingkan jumlahnya dengan yang ada di pulau Jawa atau bahkan Medan sekalipun.

Meskipun tidak banyak yang bisa dibanggakan dari wisata Riau, setidaknya ada satu hal yang bisa masyarakat Lancang Kuning ini banggakan.

Satu hal itu adalah Riau terkenal dengan berbagai kulinernya yang sedap. Pedas asin menjadi ciri khas utama makanan masyarakat Riau.

Sebab itulah, kamu mungkin sering menjumpai orang-orang Riau yang terkena penyakit asam urat, hipertensi dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan darah.

Gak heran ya, kalau orang Riau rata-rata mudah emosian. Wkwkwkw..terasa roasting diri sendiri ya.

Tapi yang namanya makanan apapun, kalau dimakan berlebihan pasti akan menimbulkan penyakit. Jika tidak, ya tidak apa-apa.

Salah satu makanan khas dari Riau adalah Gulai Ikan Patin.

Ya, karena Riau bukanlah daerah yang dekat dengan laut, dan juga untuk dapatkan ikan laut itu susah dan butuh biaya mahal, ikan jenis air tawar jadi favorit.

Gulai Ikan Patin jadi santapan wajib yang pastinya masyarakat lancang kuning pernah mencicipinya. Setidaknya sekali seumur hidup.

Tugu Ikan Patin
Sumber: Google Images

Bahkan salah satu daerah di Riau, tepatnya di Kabupaten Indragiri Hulu, Kecamatan Rengat Barat, di Simpang Empat Kelurahan Pematang Reba terdapat tugu Ikan Patin.

Adapun sejarahnya berdirinya tugu itu adalah untuk mengenal masa jaya Kabupaten Indragiri Hulu yang memiliki sungai terpanjang dengan sumberdaya Ikan Patin terbesar.

Nah, di artikel ini, Min Nikunews akan berbagi Resep Gulai Ikan Patin Khas dari Riau yang sedap. Yuk simak artikel ini sampai habis ya!.

Resep Gulai Ikan Patin Khas Riau

Cara Memasak Gulai Ikan Patin
Sumber: Jasmineleeart.com

Bahan yang Diperlukan

Adapun bahan-bahan yang diperlukan adalah;
  • 1 ekor ikan patin yang sudah dipotong menjadi 3 bagian.
  • 2 sdm air perasan jeruk nipis, 1 sdm garam, dan juga 2 sdm minyak.
  • 5 buah belimbing wuluh yang sudah diiris.
  • 5 batang serai yang telah ditumbuk.
  • 10 cabai, 10 bawang merah, 6 siung bawang putih.
  • Lengkuas, jahe, kunyit dan ketumbar secukupnya.
  • 3 buah asam kandis, dan juga 3 lembar daun salam.
  • Jangan lupakan santan secukupnya, beserta dengan susu cair.

Cara Membuat

1. Baluri ikan dengan air jeruk nipis serta garam secara merata. Diamkan di dalam kulkas selama kurang lebih 30 menit.

2. Panaskan wajan dengan minyak goreng, lalu tumis bumbu yang ada sampai harum. Masukkan belimbing wuluh, serai, asam kandis dan daun salam. Lanjutkan tumis hingga belimbing jadi layu.

3. Tuang susu cair dan masukkan ikan di dalamnya. Aduk pelan-pelan hingga air mendidih. Usahakan agar ikan tidak hancur

4. Masak ikan patin hingga matang. Sajikan dengan tambahan lain seperti tomat, angkat dan hidangkan.

Salam Nikunews, Salam Info Menarik & Menyenangkan.